Monday, November 23, 2009

Tentang Utaz


Hmm..kenalan yuk...!
Jagoanku ini bernama Mumtaz Cikal Ramadan. Biasanya dipanggil Utaz. Tapi sejak dia punya ade, aku dan suami selalu memanggilnya "abang Utaz". Dia seneng banget dipanggil abang.. jadi keliatan kaya anak gede.. padahal sikapnya, tetep aja kaya anak kecil.. hehe..

Banyak hal2 yang menakjubkan tentang Utaz. Sejak kecil dia sangat suka belajar dan cinta buku. Walaupun kegemarannya untuk menonton juga cukup tinggi, tapi kalo diajak ke toko buku, matanya akan berbinar2 seperti melihat pertunjukkan kembang api yang meriah...!

Sejak umur 5 bulan utaz sudah terbiasa melihat huruf2 berwarna warni di gabus karpetnya.. umur setahun, dia sudah mulai melepas2 huruf itu dimainkan sprt puzzle.. kadang2 digigit..kadang2 dilempar2 begitu saja.. kedekatannya dengan huruf membuat dia begitu cepat menghapal hurf2 tersebut. Kurang lebih umur 2 tahun dia sudah hafal huruf, dari A-Z, bahkan dibalik Z-A.. hehe..

Utaz mulai sekolah umur 3thn 2 bulan. Melihat Utaz yang sudah hapal huruf, dan mulai bisa mengeja suku kata sederhana, maka gurunya iseng memberi dia buku paket membaca "bacalah anakku". Kami pun mengajarkan utaz melalui buku itu. buku paket yang terdiri dari 8 buku itu ternyata bisa diselesaikan utaz hanya dengan waktu 3 minggu. Dia sudah lancar membaca.. alhamdulillah.. padahal waktu itu utaz baru 3.5 thn..

Karena itulah, kepala sekolah tadika itu menyarankan agar di tahun selanjutnya utaz langsung lompat kelas, yang seharusnya ke kelas 5tahun, menjadi ke kelas 6 tahun. Karena khawatir dia akan bosan di kls 5 tahun karena teman2nya yang lain baru akan belajar membaca di kls tersebut. Kami pun menyetujuinya..
Utaz jadi anak bawang di kelas umur 6 tahun. Keuntungannya dia jadi disayang sama temen2nya.. kalo gurunya menegur dia karena main2, kawannya membela "biarkan je lah cikgu, dia masih lagi 5 tahun.. masih kecik agi.." (biarkan sajalah bu guru, dia masih 5 thn, masih kecil).
hehe..

2 comments:

  1. :)
    Abang utaz ngingetin aku kecil,udah bisa baca sblm masuk tk..jd pas tk jarang masuk krn bosen belajarnya,hehe..dulu blm ada loncat2 kelas di daerahku..
    Yang rajin y abang utaz..
    Slm kenal mama :)

    ReplyDelete
  2. mbak, fotonya utaz keren banget. aku pinjam untuk ku masukin ke blog aku yah.

    ReplyDelete